Mari Memperingati Tahun Baru Imlek 2013 Bersama Mudita Center

SONY DSC

Selamat Tahun Baru Imlek 2564/2013.

Selamat Tinggal Tahun Naga, bersyukur dengan segala yang telah di dapatkan selama tahun Naga, dan sampai saat ini kita semua berhasil melewati segala liukan naga yang cukup berat dalam kehidupan kita.

Apapun bentuk terima kasih kita, semua kembali pada perbuatan kita. Apa yang telah diperbuat itulah yang akan di warisi. Maka banyaklah berbuat baik dan senantiasa selalu menyadari hukum perubahan yang selalu ada. Berjuang lebih giat lagi dalam mengisi hidup ini.

 

Selamat Datang Tahun Ular, setelah melewati naga yang berliuk-liuk dengan anggunnya, apakah Ular akan meliukkan tubuhnya kembali? Atau Tahun ini adalah Tahun spiritual, semoga Ular yang datang adalah ular yang senang pada spiritual. Melingkarkan tubuhnya dan diam bermeditasi.

Tentunya bagi praktisi spiritual kita dapat menjadikan tahun ini untuk pengembangan diri kita yang jauh lebih baik lagi.

 

Buddha Dharma tidak pernah menentang tradisi dan justru sebaliknya akan melebur dan memiliki toleransi yang sangat penting dalam perkembangan budaya dan spiritual.

Di saat Tahun Baru dirayakan oleh sebagian kaum Tiong Hoa, sesungguhnya disadari atau tidak Tahun Baru memang berada di tepat di hari  Upavasatha, moment sakral bagi umat Buddhis.

 

Sebaiknya memang kita tidak melakukan pembunuhan baik secara langsung maupun tidak langsung, dan mencoba melatih vegetarian, dengan tidak menambah banyak jumlah pembunuhan di awal tahun ular ini. Merupakan salah satu dari praktek pelatihan pengembangan cinta kasih dan kasih sayang. Tetap menjalankan Pancasila Buddhis, dengan tidak mabuk-mabukan, dan melakukan pelanggaran sila yang tidak terpuji di hari yang baik ini. Melainkan mengisinya dengan doa dan melakukan hal yang bermanfaat, berbagi pada sesamanya adalah bentuk dari Dana Paramita. Bukan hanya berbagi pada yang kita sayangi dan kasihi tetapi bisa berbagi dengan sekitar kita berada, sehingga kebahagiaan juga dapat dirasakan semuanya.

 

Untuk mengawali awal tahun yang juga merupakan hari upavastha yang paling bagus ini yaitu dengan berbakti kepada orang tua, bisa dengan mengajak mereka ke vihara, berdoa, melakukan sembayang pertobatan, sembayang syukur dan sebayang bertekad, agar kehidupan kita lebih baik di tahun ini.

Bersujud dan bernamaskara pada orang tua adalah praktek yang paling indah untuk di praktekan saat Tahun Baru ini, menyatakan semua kesalahan yang pernah dilakukan, memohon maaf dan doa restu dari orang tua adalah sesuatu yang sangat indah.

 

Untuk Itu Mudita Center kembali pengadakan Ritual Sembayang Tutup dan Membuka Tahun, dengan rangkaian acara Pembacaan Syair pertobatan dengan doa 88 Buddha, Pelita Harapan Tahun Baru, Dharmadesana, Sujud Bakti anak kepada Orang Tua dan pembagian Angpao berkah dan Jeruk Kebahagiaan.  Sebelumnya akan diramaikan dengan pentas kesenian dari Mudita Art Vihara Mudita Center.

Mari ber’mudita’ bersama Mudita Center, ajak keluarga dan orang tua tercinta, untuk berbagi dan berdoa bersama di Hari nan Indah, mengakhiri Tahun Naga dan Mengawali Tahun Ular 2013 ini.

Acara di adakan Tanggal 9 Februari 2013 Pukul 22.00 WIB – Selesai.

Alamat: Vihara Mudita Center,  Jalan Bisma Raya blok A no.68. Sunter Agung, Jakarta Utara. Telp: 65305315.

 

Kami segenap Dewan Sangha Mudita Center, Yayasan Mudita, Mudita Parent, Mudita Youth, Mudita Kids, Mudita Love Children (MLC), Mudita Arts, mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek 2564/2013 dan terima kasih telah selalu bersama kami semua, semoga selalu dan akan terus ber’mudita’ bersama  Mudita Center.

Semoga Semua berkah dan kebahagiaan ada pada kita semua . Selamat Merayakan tahun Baru Imlek 2013 dan Semoga Berkah Triratna selalu melindungi kita semua.

Be A Bodhisattva for Your Self and The Others

Salam Mudita

Mudita Center.

Leave a Reply