Mari Ber”Mudita” bersama Mudita Center

IMG_8398

Berbuat baik harus rutin dan terus menerus dilakukan, harus sering disadari, harus dijalani, dan disemangati.
Sedangkan perbuatan jahat melalui ucapan, perbuatan dan pikiran, tak terasa terus menerus mengalir tanpa disadari. Untuk mengubah kebiasaan buruk menjadi baik itu memang membutuh perjuangan ekstra keras.
Lucunya semua orang ingin hidup bahagia, hidup damai, hidup tenang, hidup penuh berkah, rejeki ngalir terus, usaha maju, prestasi bagus, padahal itu semua kan akibat dari tanaman pohon kebajikan yang ditanamnya, banyak maunya malas menanamnya.
dipikirnya semua berkah yang datang itu mengalir dengan sendirinya, atau rejeki sudah diatur dari langit. padahal yang turun membasahi bumi itu air hujan, nga pernah turun hujan duit dari langit. kalau turun uang logam bisa pada hancur semuanya kali yah?
Para Devata, Malaikat, Bodhisattva, hanyalah mampu memberkati, memberikan kondisi agar bibit kebajikan yang di tanam itu tumbuh subur, menjadi pohon kebajikan bebas dari hama dan gangguan, agar buahnya bisa lebat-lebat semua pada waktunya berbuah. Diri sendirilah yang harus menanamnya. sedangkan bibit-bibit kebajikan itu seperti benalu yang tumbuh subur, menghisap nilai-nilai baik yang ada dalam pohon kebajikan, mengkerdilkan tanaman kebajikan di ladang hati kita. Tugas kita adalah Mencabut semua bibit-bibit jahat yang tidak sengaja tertanam, menjaga bibit-bibit kebajikan yang ada.
Ini adalah tugas manusia yang harus menjadi pengarap bagi lahan perbuatannya sendiri, Jangan lempar tanggung jawab pada orang lain atau mahluk lain. Bertanggung jawablah pada perbuatan kita sendiri.

Jangan tunggu ada masalah baru sibuk mencari solusi dan jalan keluarnya, belajarlah Dharma yang mampu menuntun kita menghadapi hidup yang memang tidak pernah pasti ini, sehingga tidak libung dalam berjalan, tidak patah arang dalam menghadapi semua rintangan dan buah karma buruk yang datang menghantam kita.
Mudita Center selalu terbuka bagi kita semua untuk maju bersama belajar Dharma dan bersama melangkah dalam Jalan Buddha Dharma. Hidup Senang Mati pun Tenang.

Semoga Semua Mahluk Berbahagia.
Amitofo. Salam Mudita
Mudita Center

Leave a Reply