Renungan Awal Tahun 2010

Hampir genap satu hari kita melewati 2009 dan Melangkahkan kaki di 2010.
Semua waktu berjalan begitu cepat, suasana kembang api yang menghiasi malam dengan purnama yang bersinar dengan terangnya memberikan harapan pada Tahun 2010 ini.
Memberikan harapan indah bagi bangsa dan negara Indonesia tercinta ini…

Walau suasana duka menghiasi suasana pergantian tahun ini, sosok ‘manusia besar’ yang telah meninggalkan kita semua, seseorang yang bersahaja dengan kesederhaan dan kelebihannya berhasil membawa bangsa pada suatu Kebhinekaan yang indah…. meninggalkan kenangan, dan humor-humor segar yang selalu memberikan inspirasi dan suntikan-suntikan pada relung hati setiap insan..
Selamat Jalan Gus Dur…
Inilah contoh suri taudalan yang perlu kita jadikan panutan… Apa lagi iconnya yang memang menjadi sumber inspirasi bagi kita semua yang kadang berpikir terlalu berlebihan, atau pikiran yang ‘ruwet’: “Gitu ajaaaa kok… repot…….!”
Konsep kesederhanaan dalam berpikir, bertindak dan bersikap… bila kita dapat menjalankan icon ini, maka akan mulai menyadari semua masalah kadang muncul karena ‘pikiran’ kita sendiri yang terlalu ‘rumit’, yang harusnya dibuat ‘simple’ aja pikiran ini agar tidak muncul masalah….

Apapun yang telah terjadi, semua telah terjadi. Tahun 2009 meninggalkan banyak kenangan, cerita, musibah dan bencana, kasus, dan semua aspek kehidupan. Demikian juga sisi kebahagiaan, kenangan indah, segala sesuatu yang telah membuat kita bertambah kebijaksanaan, dan bertambahnya kasih sayang pada sesama….
Tentunya setiap tahun juga akan terjadi hal yang sama. Karena semua itu adalah bagian dari Proses Kehidupan itu sendiri, hanya saja bagaimana kita dapat menyikapi semua itu, adalah hal yang paling terpenting dalam hidup ini.

Mengisi Tahun 2010, tidak perlu berlebihan, sama seperti kita mengisi hari-hari kita seperti biasa, sama seperti tahun kemarin, atau tahun-tahun yang telah berlalu, tidak perlu menjadi super special…
tetapi yang perlu kita ingat adalah bagaimana mengisi relung hati kita, mengisi bathin kita dan pikiran kita dengan hal-hal baru yang lebih segar, lebih fresh, lebih berarti lagi untuk dijadikan pegangan hidup kita

Sesungguhnya pergantian tahun adalah hal yang biasa. Hal yang luar biasa adalah pergantian sikap dan sifat kita dalam menghadapi kehidupan ke depan. Pergantian pola pikir kita dan cara pandang dalam menghadapi masalah dari yang biasanya selalu berpihak pada yang negatif, sekarang harus berubah menuju yang positif. Inilah sikap dan sifat baru yang luar biasa. Pergantian Tahun membawa harapan pada pembaharuan suasana hati…

Semoga Kita dapat terus melangkah bersama, bergandeng tangan, dan saling membantu dan mendorong semua teman, kerabat dan sahabat kita melangkahkan kaki di 2010 yang masih harus ditempuh dalam perjalanan yang panjang ini…

Selamat Berjuang, selamat menikmati perjalanan hidup yang baru…
Mudita Center selalu bersama kita semua…..
Happy New Year 2010
“Kebahagiaan dan Kedamaian Hati akan Memberikan Keindahan bagi Hidup itu Sendiri”

Salam Mudita,
Neng Xiu – 1 Januari 2010

Leave a Reply